BONDING

24 Nov    Opini  

Sudah menjadi kebiasaan PT Jamkrida Banten melakukan kegiatan di Jum’at pagi di setiap minggunya. Kegiatan itu bisa berupa Pengajian dan Olah Raga. Olah Raga yang dilakukan berupa Senam Bersama di halaman kantor PT Jamkrida Banten. Tetapi terkadang Olah Raga dapat dilakukan di tempat lain. Pada awalnya kegiatan seperti ini hanya untuk rutinitas saja. Setelah beberapa kali berjalan, kami menyadari satu hal penting bahwa ada banyak manfaat lain yang dirasakan oleh karyawan perusahaan.

Kami menyebutnya dengan Olah Raga, tetapi tidak selalu diisi dengan kegiatan Olah Raga. Kegiatan Olah Raga kali ini dikemas sedemikian rupa sehingga dapat secara efektif menanamkan nilai-nilai yang dianut perusahaan kepada segenap karyawan. Tepatnya tanggal 13 November 2020, PT Jamkrida Banten mengadakan Olah Raga untuk karyawan. Kegiatan ini diikuti Direksi dan Karyawan PT Jamkrida Banten. Kali ini bertempat di Gunung Pinang Kramatwatu Serang Banten dan Pantai Teluk Karangantu Pantai Gope. Lokasinya pun tidak terlalu jauh dari kantor PT Jamkrida Banten, dan kami dengan mengendarai sepeda motor (konvoi) dan mobil perusahaan menuju ke lokasi.

Di hari itu kami berangkat bersama dari kantor sekitar jam 7 pagi, dan seluruh rangkaian acara selesai pada pukul 11 siang. Meskipun terbilang singkat, ada banyak kegiatan yang kami lakukan bersama. Kegiatan yang pertama kali kami lakukan adalah dengan berjalan kaki sejauh lebih kurang 2 km menuju puncak Gunung Pinang. Bau harum daun masih sangat terasa segar. Lumayan jauh untuk menaiki areal menanjak. Sesampainya di atas puncak kami pun beristirahat. Dan kami disambut dengan Spot Foto yang luar biasa bagus. Apalagi bagi pencinta Instagramable.

Kegiatan kami berlanjut ke Pantai Teluk Karangantu Pantai Gope. Cuaca lumayan panas, tetapi tidak menyurutkan langkah kami untuk terus menuju lokasi dengan mengendarai sepeda motor dan mobil perusahaan. Kegiatan di Pantai Teluk Karangantu Pantai Gope yaitu menaiki kapal nelayan mengitari pantai

  1. Apa itu BONDING

Bonding adalah seni dalam menciptakan kedekatan sehingga dapat menimbulkan rasa nyaman, rasa kehangatan, rasa kasih sayang, rasa bahagia, rasa aman dan saling mencintai (kompas.com)

  1. Manfaat dari terciptanya BONDING

Setidaknya ada 5 (lima) manfaat utama lain yang kami rasakan sebagai sebuah tim. Diantaranya adalah :

  1. Interaksi lebih santai

Interaksi adalah manfaat paling utama. Bagaimana tidak, setiap hari seluruh karyawan berjibaku melakukan tugas masing-masing di kantor. Meskipun sering bertatap muka setiap hari, tetapi jarang memiliki waktu bersenang-senang bersama. Tentu karena ranah interaksinya mengarah ke profesionalitas. Dalam olah raga kali ini, kami memiliki lebih banyak waktu santai untuk mengenal satu sama lain.

  1. Ikatan kuat

Interaksi baik antar karyawan dapat membentuk ikatan kuat. Nah, ikatan yang kuat ini menjadi modal utama kesuksesan suatu organisasi dalam mencapai sesuatu.

  1. Talenta tersembunyi

Interaksi profesional terkadang membatasi karyawan untuk benar-benar menjadi diri mereka sendiri. Momen senang-senang bersama seperti ini dapat membuat karyawan lebih rileks, termasuk menemukan talenta tersembunyi. Biasanya, dalam banyak aspek, kemampuan seperti kepemimpinan, management, public speaking, maupun pengambilan strategi yang tepat akan jelas terlihat. HRD pun dapat memanfaatkan momen ini dalam menemukan pemimpin masa depan perusahaan.

  1. Isi ulang semangat

Kegiatan seperti ini, percaya atau tidak, dapat meningkatkan semangat kembali bekerja karyawan. Itulah yang kami rasakan di PT Jamkrida Banten. Semangatnya langsung terasa di hari yang sama masuk kerja setelah rekreasi. Interaksi menjadi lebih hangat dan pemahaman antar karyawan meningkat, dua hal ini meningkatkan semangat untuk bekerja lebih giat dalam meraih hasil lebih baik lagi.

  1. Meraih hasil

Segala rintangan dalam olah raga kantor adalah proses dan garis finis merupakan hasil akhirnya. Secara simbolis, dua hal ini menggambarkan apa yang kami lakukan di PT Jamkrida Banten. Kami berusaha sebaik mungkin sebagai sebuah tim, kemudian meraih hasil terbaik berdasarkan kerja keras yang kami lakukan. Di PT Jamkrida Banten, kami siap menghadapi tantangan apapun.

Sumber :

  • kompas.com
  • dari berbagai sumber (google.com)