Diskusi Dan Pemantapan Pemahaman POJK Nomor 2 /Pojk.05/2017 (Bab V Cadangan, Klaim, Pembayaran Klaim, Dan Peralihan Hak Tagih)

18 Mei    Berita, Berita Slide  

Pada hari jumat tanggal 23 April 2021 Divisi Aksi (Divisi Akuntansi dan Investasi) PT. Jamkrida Banten untuk kesekian kalinya melakukan Diskusi dan Implementasi materi POJK Nomor 2/POJK.05/2017, yang sebelumnya dilakukan pada tanggal 15 April 2021 bertempat di ruangan rapat PT. Jamkrida Banten dipimpin langsung oleh kepala Kadiv Aksi, Bpk. Rasmin. Sebagai pesertanya, Septi Renzi Andam Dewi, Ahmad Alamsyah, Humaeni dan saya sendiri dari divisi unit usaha syariah Bangkit Mulia R.

POJK Nomor 2/POJK.05/2017, yang mengatur tentang penyelenggaraan usaha lembaga jasa penjaminan, sebagai penjabaran dari Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2016  tentang Penjaminan. Dalam diskusi POJK Nomor 2/POJK.05/2017, pada kesempatan yang saya ikuti lebih memahami dalam proses pencandangan klaim yaitu berdasarkan rata-rata Klaim ditanggung sendiri yang telah dibayarkan pada 3 (tiga) bulan terakhir. Dan dalam tahap proses pembayaran klaim Lembaga  Penjamin  wajib  membayar  Klaim  dalam jangka waktu paling lama 15 (lima belas) hari kerja setelah ada surat persetujuan dan hasil komite klaim. Untuk lebih jelasnya dan detailnya, caranya mudah ko, semuanya bisa diakses melalui internet tinggal ketik saja pada browser dengan kata kunci “ POJK Nomor 2/POJK.05/2017 ” atau bisa langsung akses ke alamat webnya OJK “ https://www.ojk.go.id ” Tujuan dari diskusi dan pendalaman materi itu sendiri yaitu untuk lebih memahami dan mengikuti seluruh aturan yang diatur dalam POJK tersebut. Karena PT. Jamkrida Banten bergerak di pelayanan usaha jasa penjaminan maka dari itu Kadiv Aksi (Bpk. Rasmin) berharap dengan diskusi ini para staf bisa paham akan peraturan yang telah tercantum dalam POJK ini, sehingga para staf dapat mengetahui dasar hukum dan mengaplikasikan dalam pekerjaannya (bangkit).