Pelatihan Penyimpanan Arsip

8 Jun    Berita, Berita Slide  

Jumat (28/05/2021), Karyawan PT Jamkrida Banten telah melakukan Pelatihan Pengelolaan Arsip yang materinya disampaikan oleh Kepala Divisi SDM dan Umum Bapak Asep Wahyu Mulyana bertempat di ruang Rapat PT Jamkrida Banten. Perserta yang mengikuti pelatihan ini terdiri dari semua staff Divisi Akuntansi dan Investasi, staff administrasi Unit Usaha Syariah dan staff pemasaran produk Divisi Tehnik Penjaminan. Sistem pengelolaan arsip ini merupakan Program Perusahaan yang disebut dengan 5R yaitu Ringkas, Rapih, Resik, Rawat, Rajin.

Tujuan dari pelatihan ini memberikan pemahaman tentang tata cara pengelolaan arsip yang sistematis dan rapi sehingga mudah dalam pencarian dokumen saat dibutuhkan. Selain itu juga sistem pengarsipan ini diharapkan di kemudian hari dapat berkembang dalam hal penentuan masa berlaku dokumen yang tersimpan dan dapat diklasifikasikan sesuai dengan tingkat kepentingan dokumen. Pelatihan berlangsung cukup interaktif,karena dari peserta merespon dengan baik atas materi yang disampaikan.

 Selama pelatihan berlangsung banyak study kasus yang dibahas , seperti halnya masih minimnya fasilitas yang mendukung diantaranya belum banyaknya lemari arsip, belum tersedianya ruangan khusus arsip dan juga SOP khusus masa berlaku suatu dokumen yang di kemudian hari apabila sudah habis masa berlaku, dokumen tersebut dapat dimusnahkan atau dihancurkan serta dilakukan pembuatan Berita Acara pemusnahan dokumen. Namun, untuk tahap sekarang jamkrida banten masih memulai tahap basic yaitu “peduli terhadap meja kerja” untuk setiap staff. Selain itu mulai juga diberlakukan register secara online, untuk memudahkan pencairan arsip secara elektronik. Seiring berjalannya waktu diharapkan dapat terus naik tingkat dan dapat menyetarakan system pengarsipan seperti perusahaan besar yang berbasis ISO.

-Septi Renzi Andam Dewi-