Pentingnya Integritas Dalam Kehidupan Bekerja

26 Apr    Berita  
Pentingnya Integritas Dalam Kehidupan Bekerja
[posting by : Sugiarto Munandar]

Sebelum lebih jauh membahas dengan apa pentingnya arti dari integritas, mungkin lebih baik kita tahu terlebih dahulu mengenai artinya dari integritas itu sendiri….

“Integritas yang sesungguhnya adalah melakukan hal yang benar, dengan mengetahui bahwa orang lain tidak mengetahuinya apakah kau melakukannya atau tidak ” – Oprah Winfrey

Untuk saya pribadi definisi integritas itu sebenarnya sangat simpel, yaitu “Melakukan sesuai secara benar sesuai dengan kita yakini benar dan tidak takut orang lain mengetahui apa yang kita lakukan”

Pembahasan mengenai integritas secara keseluruhan akan menghabiskan banyak halaman, jadi untuk artikel ini saya akan membatasi sampai mengenai pentingnya integritas untuk kehidupan bekerja saja.

Apa sih untungnya integritas?

Secara komunitas dan sosial, bertindak secara integritas akan memberikan kontribusi langsung kepada tumbuhnya tingkat kepercayaan kerja dari lingkungan kantor yang akan mendukung kenaikan performa kinerja tim/grup di kantor.
Sedangkan secara individu, bertindak secara integritas dapat memberikan dan kepuasan diri sendiri dan ketenangan dalam bekerja.

Hasil nyata yang didapatkan dari bertindak secara integritas memang membutuhkan waktu, karena mendapatkan kepercayaan dari lingkungan bekerja itu harus diusahakan, bukan diberikan secara cuma-cuma.

… Kebanyakan orang yang tidak bertindak secara integritas itu karena menginginkan keuntungan secara cepat, tanpa peduli dengan resiko kehilangan keuntungan jangka panjang yang sebenarnya jauh lebih bernilai dan berkesinambungan…

Kebanyakan orang yang tidak bertindak secara integritas itu karena menginginkan keuntungan secara cepat, tanpa peduli dengan resiko kehilangan keuntungan jangka panjang yang sebenarnya jauh lebih bernilai dan berkesinambungan.
Contoh nyatanya Orang yang terbukti melakukan tindakan tidak benar (fraud) di pekerjaannya hampir dipastikan akan dikeluarkan dengan segera, dia akan kehilangan pekerjaan, dan akan sulit untuk mendapatkan pekerjaan baru karena dipastikan akan mendapatkan rekomendasi buruk dari tempat bekerjanya, bahkan mungkin bisa berlanjut hingga ke pengadilan.
Tentunya ini akan merugikan dia seumur hidupnya beserta orang-orang terdekat yang ada disekitarnya.
dan Kebanyakan kasus seperti ini, nilai ekonomis yang didapatkan jauh lebih kecil dari apa yang dikorbankan.

“Reputasi selama ribuan tahun bisa pupus dengan tindakan sedetik”

 

Bagaimana cara memupuk integritas dalam diri sendiri?

  • Pertama-tama kita harus sadari bahwa melakukan hal yang tidak benar adalah bertentangan dengan agama manapun juga.
  • Pertama-tama, kita harus tanya terlebih dahulu menyadari pentingnya dan keuntungan integritas bagi kehidupan kita.
  • Setiapkali diperlukan untuk memilih keputusan, terutama yang akan memberikan keuntungan untuk diri sendiri, ambillah pilihan yang sesuai dengan nilai kebenaran yang diyakini dan pastikan lakukan refleksi dengan pilihan yang telah diambil.
    ” Apakah kita merasa nyaman dengan pilihan yang saya ambil? ”
    ” Apakah saya takut orang lain tahu? ”
    ” Apakah saya harus bohong jika orang lain menanyakannya? “
  • Diskusikan dengan atasan dan teman2 anda lainnya, karena difinisi dari “benar” dan “salah” bisa berbeda antara individu.
  • Diskusikan dengan orang terdekat anda. Pelajari masalahnya, efeknya, “trade-off” nya, “cost and benefit” nya
  • Dengarkan hati kecil mu.

Akhir Kata…..

Integritas adalah nilai dasar yang sangat dibutuhkan dan dihargai oleh semua perusahaan. Bekerja dengan integritas akan meningkatkan peluang untuk bisa penghargaan dan mendapatkan karir yang jauh baik.

“Berani Jujur! ”

(Sumber Atri Singgih Head E Commerce & Digitalisation Department at AEON INDONESIA, PT)

Leave a Reply