Jenjang Karir (profesi Auditor)

Apabila kita merupakan lulusan Akuntansi pasti ada keinginan untuk berkarir di Instansi Pemerintah ataupun sektor swasta. Apabila memilih untuk menjadi auditor pemerintah seperti BPK, BPKP maupun kementerian keuangan dan sejenisnya biasanya jenjang karirnya tergantung dari tigkat pendidikannya.

Untuk tingkat jabatan lulusan D3 adalah fungsional auditor, auditor pelaksana dan auditor penyelia. Sedangkan untuk yang lulusan S1 jabatan yang ditawarkan biasanya auditor pertama, auditor muda, auditor madya maupun auditor utama.

  1. Junior Auditor

Buat para lulusan freshgraduate biasanya memulai karir pada posisi ini dan selalu untuk terjun langsung di fieldwork. Jobdesk level ini biasanya melaksanakan semua prosedur audit secara rinci, membuat kertas kerja serta mendokumentasikannya.

  1. Senior Auditor

Tidak hanya ikut melakukan audit fieldwork, senior auditor bertugas untuk memberikan arahan, memeriksa kertas kerja dari junior auditor. Bertanggung jawab untuk membuat perencanaan budget dan waktu audit agar sesuai dengan yang telah direncanakan sebelumnya.

  1. Manager Audit

Mempunyai tugas sebagai pengawas pada saat melakukan audit, terutama untuk mengawasi pekerjaan yang dilakukan oleh senior auditor, meriviu drat report, membuat perencanaan biaya dan waktu audit, memeriksa kertas kerja, laporan auditor independen serta manajemen letter.

  1. Partner (Rekan)

Merupakan jabatan tertinggi dalam perikatan suatu audit dan sudah bersertifikat CPA (Certified Public Accountant).(@ngertiaudit)

Pada PT Jamkrida Banten terdapat 2 (dua) orang Auditor Internal, yaitu Auditor Internal Utama dan Auditor Internal Madya. Dan jenjang karir ini sudah sesuai dengan kebutuhan dari perusahaan.