Brainstorming POJK Nomor 2/Pojk.05/2017

23 Apr    Berita, Berita Slide  

Serang 01 April 2021, Sebelum membahas tentang POJK Nomor 2/POJK.05/2017, mungkin ada yang bertanya atau ada yang belum mengetahui apa itu “Brainstorming” ?.

Metode brainstorming ini pertama dipopulerkan oleh Alex F. Osborn yang tertulis di dalam bukunya yang berjudul “Applied Imagination”. (Sani, 2013) metode curah pendapat brainstorming adalah metode pengumpulan-pengumpulan sejumlah besar gagasan dari sekelompok orang dalam waktu singkat, metode ini sering digunakan dalam pemecahan/ penyelesaian masalah yang kreatif dan dapat digunakan sendiri atau sebagai bagian dari strategi lain.

Pada hari kamis tanggal 01 April 2021 Divisi Aksi (Divisi Akuntansi dan Investasi) PT. Jamkrida Banten untuk kedua kalinya melakukan Branstrorming POJK Nomor 2/POJK.05/2017, yang sebelumnya dilakukan pada Bulan Februari 2021 bertempat di ruangan rapat PT. Jamkrida Banten dipimpin langsung oleh kepala Kadiv Aksi, Bpk. Rasmin. Sebagai pesertanya, Septi Renzi Andam Dewi, Ahmad Alamsyah dan saya sendiri Humaeni.

POJK Nomor 2/POJK.05/2017, yang mengatur tentang penyelenggaraan usaha lembaga jasa penjaminan, sebelumnya telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2016  tentang Penjaminan. Dalam POJK Nomor 2/POJK.05/2017, dijelasan tentang ketentuan umum atau pengertian dari istilah-istilah yang digunakan dalam perusahaan penjaminan, ruang lingkup usaha dan kegiatan usaha lainnya perusahaan penjaminan dan perusahaan penjaminan syariah, penyelenggaraan penjaminan, imbal jasa yang diperoleh dari usaha penjaminan serta pengajuan klaim dari penerima jaminan dan masih banyak lagi penjelasan tentang usaha penjaminan yang bisa dibaca dan dipelajari secara rinci dalam POJK tersebut. Caranya mudah ko, semuanya bisa diakses melalui internet tinggal ketik saja pada browser dengan kata kunci “ POJK Nomor 2/POJK.05/2017 ” atau bisa langsung akses ke alamat webnya OJK “ https://www.ojk.go.id

Tujuan dari Brainstorming itu sendiri ialah untuk menambah pengetahuan tentang POJK tersebut yang mengatur tentang penyelenggaraan usaha lembaga jasa penjaminan. Karena PT. Jamkrida Banten bergerak di pelayanan usaha jasa penjaminan maka dari itu Kadiv Aksi (Bpk. Rasmin) berharap dengan branstorming ini para staf bisa paham akan peraturan yang telah tercantum dalam POJK ini, sehingga para staf dapat mengetahui dasar hukum dan mengaplikasikannya dalam bekerja.