Pelatihan Perhitungan Accrual Dan Cash Basis

26 Feb    Berita, Berita Slide  

Di dalam akuntansi kita mengenal ada dua metode pencatatan akuntansi, yang pertama berbasis kas dan yang kedua berbasis akrual. Lalu apakah perbedaan dari kedua metode tersebut :
Accrual basis dapat diartikan sebagai pencatatan pendapatan dan biaya pada periode saat terjadinya suatu transaksi, bukan pencatatan laporan keuangan saat pendapatan diterima ataupun dibayarkan seperti yang biasa ditemukan dalam laporan keuangan berbasis kas (cash basis).

Sedangkan Cash basis dapat diartikan sebaliknya, yaitu metode dalam melakukan pencatatan akuntansi dimana perusahaan akan mengakui pendapatan pada saat kas benar-benar diterima secara tunai atau adanya penerimaan uang dan mengakui biaya diakui pada saat kas benar-benar dikeluarkan saat itu juga.
Untuk lebih mudah memahami cash basis vs accrual basis, berikut kami sajikan contoh sederhana metode pencatatan tersebut.
Pada tanggal 1 Februari 2021 PT. A menjual barang dan mengirimkannya kepada pelanggannya PT. B, Kemudian  PT. B membayar pembelian tersebut kepada PT. A dua minggu kemudian yaitu pada tanggal 15 Februari 2021.
Bagaimana pencatatannya secara cash basis dan accrual basis?
Pada metode cash basis, pengiriman barang dagang kepada PT. B pada tanggal 1 Februari belum dicatat sebagai pendapatan. pendapatan dicatat pada tanggal 15 Februari 2021 setelah menerima kas dari PT. B.
Sedangkan pada metode accrual basis, pendapatan dicatat pada tanggal 1 Februari begitu terjadi penjualan walaupun kas belum diterima.
Pelatihan telah dilaksanakan pada tanggal 19 Februari 2021 yang diikuti oleh berbagai Divisi yakni Akuntansi dan Investasi, Teknik Penjaminan, dan  Satuan Pengawas Intern (SPI) dari PT. Jamkrida Banten, bertempat di ruang meeting kantor Jamkrida yang berlokasi di Jalan Raya Pandeglang, Kota Serang, Banten.
Pelatihan diawali dengan penjelasan accrual basis dan cash basis oleh pemateri Kadiv Akuntansi dan Investasi Bapak Rasmin, SE, MM. dilanjutkan dengan beberapa contoh jurnal cash basis dan accrual basis pada saat pencatatan biaya dan pencatatan pendapatan. Kemudian pelatihan ditutup dengan memberikan post test jurnal accrual basis kepada peserta pelatihan. (Alam)