Penerapan Search Engine Optimization (SEO) Pada Website

Search Engine Optimization (SEO) adalah serangkaian strategi dan praktik yang dirancang untuk meningkatkan visibilitas dan peringkat sebuah situs web di hasil mesin pencari. Penerapan SEO yang efektif dapat membantu Website muncul lebih tinggi dalam hasil pencarian, meningkatkan lalu lintas, dan meningkatkan konversi. SEO berguna dalam mengoptimasi situs agar mampu menempati peringkat atas mesin pencari atau search engine seperti Google, Bing dan Search Engine lainnya, ketika peringkatnya tinggi maka jumlah pengunjung juga akan tinggi.

Berikut ini deskripsi singkat beberapa jenis-jenis SEO beserta fokus utamanya:

On-page SEO

Off-page SEO

Technical SEO

Local SEO

Konten

Link building

Kecepatan loading

Keyword lokal

Optimasi keyword

Influencer marketing

Schema markup

Profil bisnis

Title tag

Media sosial

Internal link

Ulasan pelanggan

Image alt text

Forum

Sertifikat SSL

Konten lokal

 

  1. SEO On-pageadalah upaya optimasi yang dilakukan secara langsung di setiap halaman website untuk memaksimalkan kontennya agar bisa membantu menaikkan peringkat website. Fokus utamanya terletak pada konten dan HTML source code, seperti title tag, header tag, dan meta description. Informasi inilah yang akan ditampilkan di SERP.
  2. Off-page SEO adalahupaya optimasi yang dilakukan di luar website untuk menaikkan peringkat di mesin pencari. Aktivitas ini juga diperhitungkan Google sebagai indikator untuk mengetahui seberapa bagus website, bisnis, atau produk Anda di mata audiens.
  3. Technical SEO adalah upaya untuk mengoptimasi aspek-aspek teknis pada website agar sesuai dengan kriteria algoritma mesin pencari. Aspek tersebut meliputi optimasi kecepatan loading, mobile-friendly, dan arsitektur website. Apabila aspek teknisnya teroptimasi dengan baik, website akan muncul di halaman teratas pencarian.
  4. Local SEO adalah strategi untuk meningkatkan visibilitas bisnis di search result lokal. Jenis ini bisa mempromosikan brand, produk, dan layanan pada komunitas atau masyarakat setempat.

Cara Kerja SEO

Ada tiga tahapan yang dilakukan Search Engine untuk mengumpulkan, mengelola, dan menampilkan informasi:

  1. Crawling.
    Mesin pencari memiliki web crawler, atau bisa juga disebut spiderbots atau bots, yang fungsinya untuk mencari dan mengumpulkan informasi agar halaman website bisa diindeks.
  2. Indexing.
    Tahapan ini membutuhkan informasi yang sudah dikumpulkan oleh web crawler. Misalnya, kata kunci dan apakah konten sudah diperbarui atau belum. Setelah itu, halaman website akan ditambahkan ke index pencarian. Nantinya ketika kata kunci diketikkan di browser, mesin pencari akan mengambil (fetch) website yang telah diindeks.
  3. Ranking.
    Hasil pencarian akan menampilkan website yang tersimpan di dalam index pencarian. Urutannya dimulai dari yang paling relevan ke yang tidak relevan.

Search Engine Optimization menentukan performa website di mesin pencari. Sebagai contoh, internal link yang terstruktur akan mempermudah web crawler dalam menganalisa landing page. Crawler akan bisa menjelajahi web dan mengindeks konten lebih mendalam. Faktor lain yang memengaruhi cara kerja SEO dan juga algoritma mesin pencari adalah kesesuaian kata kunci, kualitas backlink, dan konten yang di-update.

Untuk Website Jamkrida Banten sendiri, saat ini sudah menerapkan Search Engine Optimization (SEO) sehingga dengan mengetikan kata kunci/keyword: jamkrida banten, maka Website kami berada di pencarian top rank/peringkat teratas pada beberapa Search Engine.

Google

Bing

Yahoo

Sumber Referensi:

Menu Disabilitas