Pemasaran Dalam Era Digital

Saat ini makin banyak perusahaan khususnya Lembaga keuangan dalam melakukan kegiatan promosi pemasaran memanfaatkan tren marketing saat ini melalui dunia digital. Sudah banyak kita ketahui bahwa konsumen saat ini menginginkan pelayanan yang serba cepat dan sesuai dengan kebutuhannya menggunakan aplikasi atau bahkan beberapa perusahaan besar menyebutnya Super Apps.

Seiring dengan itu promosi pemasaran melalui kanal digital menghasilkan jangkauan yang lebih luas dan membantu mencapai tujuan bisnis perusahaan. Beberapa kanal digital untuk promosi pemasaran baik yang gratis maupun berbayar telah banyak kita kenal.  Beberapa contoh strategi promosi pemasaran digital diantaranya adalah :

  1. Menggunakan Media Sosial

Hampir semua orang yang menggunakan Smarphone saat ini menggunakan social media dalam berinteraksi dengan orang lain bahkan mencari informasi tentang hal baru di social media. Beberapa contoh Sosmed yang dapat digunakan sebagai sarana promosi antara lain Instagram, Youtube, Facebook, Twitter

  1. Melalui Website

Sebelum era medsos penggunaan website sudah terlebih dulu dipakai oleh banyak perusahaan sebagai sarana promosi perusahaan. Dan sampai saat ini  website masih dipergunakan oleh banyak perusahaan sebagai representasi wajah perusahaan.

  1. Membuat Konten Menarik

Istilah konten sering kita dengar. Perbanyak konten menjadi salah satu cara kita mempresentasikan tentang diri kita agar lebih dikenal. Demikian juga dengan branding terhadap produk maupun perusahaan kita dengan tujuan produk semakin dikenal.

  1. Menggunakan Influencer

Pada saat ini influencer sangatlah berpengaruh untuk meningkatkan penjualan. Influencer memiliki banyak pengikut di akun media sosialnya, hal inilah yang menjadi alasan mengapa promosi menggunakan jasa influencer sangatlah efektif.

  1. Giveaway

Giveaway menjadi senjata ampuh untuk menarik konsumen untuk membeli produk yang ditawarkan.  Giveaway biasanya berupa hadiah maupun uang tunai melalui media sosial seperti Instagram.  Dengan makin banyak giveaway yang diberikan menjadikan produk makin dikenal oleh masyarakat umum.

  1. Program Membership

Menjaga keberlangsungan pelanggan agar terus menggunakan produk kita, strategi marketing selanjutnya dapat menerapkan program membership. Dalam program membership tersebut.

Semakin aktif kita dalam mempromosikan perusahaan kita ataupun produk kita kepada konsumen atau maupun masyarakat luas menjadikan produk kita menjadi salah satu top of mind ketika mereka membutuhkan produk yang diperlukan.

Salah satu strategi promosi pemasaran digital yang digunakan oleh Jamkrida Banten saat ini antara lain selain menggunakn website menggunakan Media Sosial seperti tiktok, Instagram mau Facebook.  Harapannya ketika konsumen membutuhkan penjaminan yang pertama di benak mereka adalah Jamkrida Banten bukan yang lain

 

Sumber : diambil dari artikel di www.jurnal.id