Pentingnya Digitalisasi Bagi UKM

Usaha Kecil Menengah (UKM) menjadi salah satu roda yang menggerakkan perekonomian Indonesia yang semakin hari terus bertumbuh ke arah yang lebih baik. Begitu juga dengan kondisi perkembangan teknologi di dunia yang masuk ke Indonesia. Kemajuan teknologi sangatlah membantu masyarakat yang menjalankan bisnis sendiri. Hal ini pun berlaku bagi pelaku bisnis UKM.

Pentingnya digitalisasi atau transformasi digital bukan hanya untuk mendorong UKM ikut ke dalam platform digital. Namun juga melakukan pendekatan yang komprehensif yaitu berbasis ekosistem, supaya lebih efektif dan memastikan UKM Indonesia bisa bertransformasi secara utuh.

Adanya teknologi digital dan internet serta merta membantu pemilik bisnis UKM untuk bisa lebih fokus pada aspek lain yang lebih efisien, mulai dari pemasaran, penjualan, maupun pencatatan yang dilakukan. Melalui ruang digital para pelaku UKM tentu dapat lebih menghemat waktu, tenaga, dan biaya yang dikeluarkan.

Untuk itu, berikut beberapa alasan kenapa UKM harus melek digital.

  • Hanya bermodal smartphone

Bisnis bisa berkembang dengan hanya bermodalkan smartphone, menjual produk dengan lebih cepat dan luas. Tidak memerlukan dana promosi yang gila-gilaan dan memotong anggaran secara besar-besaran. Modal pun hanya smartphone saja yang tentunya bisa dibeli dengan lebih mudah dan cara penggunaannya pun sudah lazim untuk dilakukan.

  • Bisa menjangkau seluruh daerah

Ketika pelaku bisnis UKM melek digital, maka mereka akan lebih mudah seluruh daerah di Indonesia bahkan seluruh dunia. Teknologi membuat semuanya menjadi lebih dekat. Dengan begitu, bisnis UKM akan mendapatkan pengaruh yang sangat positif dari kesadaran akan teknologi.

Bukan hal wajib untuk selalu membuka stan di pameran-pameran, mendirikan ruko ataupun toko untuk menjangkau calon konsumen dari berbagai wilayah. Penggunaan teknologi yang tepat akan mendapatkan konsumen serta produk yang akan dikenal secara lebih luas.

  • Konsumen akan lebih mudah melakukan pembelian juga pembayaran

Dengan pebisnis UKM yang melek teknologi, maka konsumen lebih mudah dalam mendapatkan barang yang dijual. Terlebih produk-produk yang biasa dihasilkan UKM adalah produk home industry yang membutuhkan ketelitian dan ketelatenan dalam membuatnya. Tentu saja, digitalisasi bagi UKM akan membuat produknya lebih punya nilai. Sementara konsumen biasanya sangat menyukai barang-barang seperti itu.

Dengan memaksimalkan penggunaan teknologi, mereka tinggal memesan melalui internet atau media sosial dan Anda sudah mendapatkan keuntungan dari itu. Serta pada teknologi pembayaran. Sebelum teknologi digital berkembang transaksi pembeli dengan penjual dengan menggunakan uang tunai, namun seiring berkembangnya teknologi khususnya di bidang perekonomian kini telah tersedia metode pembayaran non tunai yang dapat mempermudah transaksi jual beli.

  • Manajemen bisnis berjalan lebih baik

Alasan berikutnya yang menyebabkan pelaku bisnis UKM wajib melek digital adalah kemudahan yang ditawarkan untuk sisi manajemen UKM, membuka bisnis pasti membutuhkan manajemen yang tertata rapi agar bisnis berjalan lancar. Dan dengan menggunakan teknologi yang sudah ada, dengan banyak software manajemen yang dapat diakses di internet  pergerakan UKM sehari-hari tidak akan disibukkan dengan masalah manajemen, tapi lebih disibukkan dengan urusan bagaimana menjual produk sebanyak-banyaknya dan memproduksi produk yang sebaik-baiknya.

 

Pada akhirnya, dengan melek digital maka seluruh sisi dari bisnis UKM akan berjalan lebih lancar. Jaman saat ini sudah banyak teknologi yang bisa diakses serta digunakan dengan mudah. Terlalu banyak hal positif dari teknologi yang mampu menunjang bisnis UKM jauh lebih berkembang dan memperkuat pondasi yang sudah ada. Karena Penjaminan bukan hanya tentang uang, tapi juga tentang membantu usaha kecil agar tetap kuat dan sukses. Perusahaan penjaminan memberikan solusi cerdas guna mengatasi risiko dan membuka pintu lebar-lebar bagi UKM untuk mendapatkan dana yang mendukung pertumbuhan mereka.

Menu Disabilitas