IT Jamkrida Mengikuti Workshop Load Balancing Server Dengan HAPROXY

Serang, 09 Juni 2023 Salah satu IT Jamkrida mengikuti pelatihan yang di selenggarakan oleh Inixindo Jogja, pelatihan tersebut dilaksanakan secara daring / online melalui Zoom Meeting. Sebagai narasumber Bapak Yanuar Hadiyanto memaparkan bahwa “Pertumbuhan jumlah pelanggan pada bisnis secara langsung memberikan dampak pada kebutuhan perusahaan akan peningkatan kapasitas layanan terutama layanan web. Jika layanan web hanya disediakan satu server tentu server tersebut akan mengalami delay dan bahkan down saat diakses oleh banyak orang sekaligus, bisnis yang memilki banyak pengguna mau tidak mau harus menambahkan banyak server dan server tersebut harus dapat berbagi tugas agar dapat saling bantu melayani banyak pengguna.”  

Workshop kali ini peserta langsung mencoba bagaimana melakukan instalasi dan konfigurasi server web dengan memanfaatkan HAProxy untuk membagi tugas server web agar dapat melayani lebih banyak pengguna. Instalasi dan konfigurasi server web di lakukan menggunakan tiga VM(Virtual Machine) dimana server pertama akan menjadi load balancer HAProxy, sedangkan dua server lainnya sebagai web server, ketiga VM tersebut menggunakan sistem operasi Ubuntu.

Pada praktik instalasi dan konfigurasi load balancing server dengan HAProxy yang di coba langsung oleh peserta memiliki beberapa tahapan secara garis besar, adapun tahapannya adalah sebagai berikut:

  1. Mendownload Virtual box / virtual machine
  2. Melakukan setting hostname ketiga server
  3. Melakukan instalasi dan konfigurasi dua web server menggunakan Apache
  4. Melakukan instalasi dan konfigurasi HAProxy pada server HAProxy
  5. Menguji HAProxy dengan cara mengakses ke alamat HAProxy
  6. Menambahkan Backend Server menggunakan metode roundrobin

Bagikan Berita ini

Tinggalkan Komentar

Menu Disabilitas