SOSIALISASI

Pada dasarnya manusia sejak lahir bergantung pada orang lain. Manusia adalah makhluk sosial yang butuh sosialisasi dengan orang lain untuk interaksi.

Sejak lahir, manusia sudah dihadapkan pada hubungan dengan sesamanya. Manusia membutuhkan makan, minum, berbicara dan aktivitas yang melibatkan orang lain.

Mengutip dari artikel “Pengertian Sosialisasi, Bentuk, dan Tahapannya”. Menurut Dwi Latifatul Fajri, melalui proses sosialisasi ini seseorang dapat mengetahui kepribadian, tingkah laku, dan aturan yang berlaku dalam lingkungan tertentu.

Artinya sosialisasi sendiri juga bisa diartikan sebagai alat penyampaian pesan kepada pihak tertentu (responden) demi terwujudnya apa yang diinginkan, terlepas penyampaian pesan tersebut menggunakan alat bantu ataupun dengan Bahasa isyarat.

Sebagai contoh dari sosialisasi adalah pada hari Rabu tanggal 10 Agustus 2022, Jamkrida Banten kedatangan tamu dari BRI KCU Serang dan BRI Kantor Pusat yang tujuannya adalah mensosialisasikan DPLK BRI. Bertempat di ruangan rapat PT. Jamkrida Banten, Tim BRI menyampaian informasi terkait manfaat dan keuntungan menjadi nasabah/peserta DPLK BRI.

Seperti halnya PT. Jamkrida Banten semenjak dua bulan terakhir sedang giat-giatnya mensosialisasikan SIPOJA (Sistem Informasi Penjaminan Online Mitra Jamkrida) kepada para mitra untuk memudahkan mitra dalam penyampaian laporan penjaminan secara online dan cepat.

By: Humaeni

Editor: Rasmin dan Ahmad Rohendi