Pentingnya Literasi Keuangan Untuk Kita

Sobat Jibi, seperti kita tahu bersama masalah penipuan investasi bodong, pinjaman online yang tidak terdaftar OJK  masih sering kita dengar dan bahkan menimpa pada sebagian kita.  Sebenarnya OJK telah mewajibkan kepada Lembaga Keuangan yang terdaftar resmi di OJK untuk memberikan literasi keuangan kepada masyarakat umum ataupun konsumen secara periodik setiap tahunnya.

Namun demikian kadang kita sebagai konsumen seringkali tidak memanfaatkan literasi keuangan yang telah dilakukan oleh Lembaga keuangan. Laporan Global Findex 2021 dari World Bank menunjukkan bahwa pengguna produk keuangan yang kurang paham terkait finansial tidak dapat memanfaat produk keuangan secara optimal, bahkan sulit menghindari risiko produk keuangan (dikutip dari website OJK)

Beberapa hal mengapa literasi keuangan penting bagi kita antara lain :

  • Membuat keputusan keuangan yang bijak, Orang dengan tingkat literasi keuangan yang tinggi cenderung membuat keputusan keuangan yang bijak. Kita jadi  tahu bagaimana cara menghemat uang, mengelola hutang, dan mengatur keuangan mereka secara umum. Kita  juga bisa mengetahui apakah suatu investasi sangat menguntungkan atau tidak.
  • Mengelola Risiko Keuangan, individu yang kompeten di bidang literasi keuangan dapat menganalisis dan memahami risiko keuangan yang terjadi di sekitar mereka. Ini bisa membantu mereka mengambil keputusan yang efektif ketika investasi, menghindari potensi pengeluaran yang merugikan, atau kehilangan uang karena faktor yang tidak terduga.
  • Menghindari penipuan keuangan, Individu dengan literasi keuangan yang baik cenderung lebih paham tentang berbagai jenis penipuan keuangan, baik melalui internet, telepon, maupun dari orang yang dekat dengan mereka.  Kompetensi ini dapat membantu mencegah mereka menjadi korban penipuan keuangan.

Sobat Jibi, Yuk kita tingkatkan pengetahuan tentang literasi keuangan produk-produk keuangan sehingga sebagai konsumen kita akan terlindungi.

Bagikan Artikel ini

Tinggalkan Komentar

Menu Disabilitas