Pengorganisasian Kepegawaian

Pengorganisasian merupakan suatu langkah dalam rangka menetapkan, menggolongkan, dan mengatur berbagai macam kegiatan yang dirasa perlu, penetapan tugas dan wewenang seseorang, pendelegasian wewenang untuk mencapai suatu tujuan.

Pengorganisasian mengantarkan semua sumber dasar (manusia dan nonmanusia) ke dalam suatu pola tertentu sedemikian rupa sehingga orang-orang yang bekerja di dalamnya bisa bekerja sama dengan berdaya untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan oleh perusahaan.

Salah satu hasil dari pengorganisasian yaitu terbentuknya struktur organisasi dan dalam struktur organisasi itu akan tampak bagaimana hubungan antara satu unit dengan unit lainnya.

Dengan kata lain, struktur organisasi akan sangat memengaruhi aliran kerja, delegasi wewenang dan tanggung jawab, sistem kontrol dan pengendalian, serta arus perintah dan pertanggungjawaban. Oleh sebab itu, dalam mendesain suatu struktur organisasi bagian kepegawaian perlu mempertimbangkan berbagai faktor sebagaimana yang telah diuraikan.

 

https://www.gramedia.com/literasi/administrasi-kepegawaian/#Apa_Sih_Tujuan_Administrasi_Kepegawaian

Bagikan Artikel ini

Menu Disabilitas