PELATIHAN PASAR MODAL/REKSADANA

Untuk kesekian kalinya tulisan saya berkaitan dengan pelatihan. Salah satunya yang saya senangi bekerja di Jamkrida Banten, itu para pegawai tidak cuma berkewajiban untuk bekerja akan tetapi diwajibkan pula menentukan pelatihannya untuk menunjang kegiatan bekerjanya sehingga para pegawai dapat bekerja secara profesional.

Pada kesempatan kali ini pelatihan bertemakan Pasar Modal / Reksadana dilaksanakan pada hari Senin, tanggal 23 Agustus 2021 bertempat di Ruang Rapat PT. Jamkrida Banten dan sebagai pemateri adalah dari Team Bonds Client Bank Mandiri Treasury via Zoom Meeting.

Berdasarkan UU Pasar Modal, Efek adalah surat pengakuan utang, surat berharga komersial, saham, obligasi, tanda bukti utang, unit penyertaan kontrak investasi kolektif, kontrak berjangka atas efek, dan setiap derivative efek.

Berdasarkan Jangka Waktu/Tenor Surat Berharga dibagi Menjadi 2 diantaranya:

  1. Diatas 1 Tahun
  2. Dibawah sama dengan 1 Tahun

Obligasi adalah Surat berharga yang diterbitkan sebagai bukti tanda hutang kepada pemegang obligasi, berjangka panjang (>1 th), diterbitkan atas unjuk, suku bunga fixed atau float. Bunga dibayarkan secara periodik atau dibayar dimuka (diskonto).

Pendapatan investasi obligasi Secara matematis harga suatu obligasi adalah present value of annuity atas serangkaian bunga kupon yang akan diterima, ditambah present value atas nominal pokoknya (par) pada suatu target yield tertentu.

Surat berharga yang diterbitkan oleh pemerintah negara tertentu, antara lain Surat Berharga Negara (SBN) Republik Indonesia antara lain, ORI, SR dan ROI.

Obligasi Korporasi adalah Surat berharga yang diterbitkan oleh perusahaan termasuk bank,baik milik pemerintah maupun swasta di dalam maupun luar negeri.

Tujuan dari pelatihan pasar modal itu sendiri ialah untuk meningkatkan pengetahuan karyawan tentang Pasar Modal dan agar karyawan dapat mengimplementasikan pengetahuan dalam pekerjaaan yang berkaitan dengan penempatan investasi bahkan untuk investasi pribadinya sendiri.

Bagikan Berita ini

Tinggalkan Komentar

Menu Disabilitas