Pelatihan Pengelolaan Kearsipan

Divisi Sumber Daya Manusia dan Umum (SDMU) PT Jamkrida Banten pada tahun 2022 kembali menyelenggarakan pelatihan pengelolaan kearsipan bagi karyawan pada Jum’at (18/3/2022), pelatihan ini diikuti oleh 8 orang peserta berasal dari tiap divisi.

Tujuan dari pelaksanaan pelatihan ini adalah untuk memudahkan dalam pencarian arsip, menjelaskan tugas bagi unsur-unsur yang terlibat dalam pengelolaan arsip, memberikan keseragaman dan konsistensi prosedur pengelolaan arsip, menciptakan efisiensi waktu dan biaya, mengurangi kesalahan dalam pelaksanaan kegiatan pengelolaan arsip, menjamin keselamatan dan keamanan arsip, meningkatkan kualitas pelayanan pada publik, terkelolanya arsip yang berada di tiap divisi dalam rangka akuisisi arsip statis.

Kadiv. SDMU Asep Wahyu, mengharapkan dengan telah dilaksanakannya peningkatan kompetensi dalam pengelolaan kearsipan, peserta pelatihan dapat menerapkannya dengan baik serta mau merubah prilaku menjadi lebih baik lagi. Masih menurutnya, setelah dilaksanakan pelatihan langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah membuat pedoman pengelolaan kearsipan dan menyusun daftar arsip dari tiap divisi dengan mengelompokkan arsip aktif (prekuensi penggunaannya masih tinggi) dan inaktif (yang jarang digununakan, penggunaannya menurun serta sama sekali tidak digunakan)

Sebelumnya, pada tahun 2021 Divisi SDMU telah menyelenggarakan pelatihan serupa diikuti 6 orang peserta. Target dari pelatihan ini semua karyawan mengikuti, karena penerapan manajemen kearsipan akan dilaksanakan pada tahun 2022.