Roadshow Bus Kpk 2022 Mengusung Tema “Disiplin”

Tiba di Kota Serang, Provinsi Banten, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam program Roadshow Bus Antikorupsi KPK "Jelajah Negeri Antikorupsi" akan melakukan kampanye dan sosialisasi kepada masyarakat Kota Serang dengan mengambil salah satu dari sembilan nilai antikorupsi, yaitu disiplin.

Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron, Kepala Biro Umum Yonathan Demme Tangdilintin, dan jajaran unit KPK lainnya turut memeriahkan rangkaian kegiatan kampanye dan sosialiasasi Roadshow Bus Antikorupsi yang akan berlangsung selama tiga hari.

Adapun para stakeholder yang turut ikut antara lain, jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Serang, para murid dari jenjang pendidikan PAUD, TK, SD, SMP dan SMA, mahasiswa Perguruan Tinggi, para tenaga pendidik dan pengajar, para Kiai dan santri di Pondok Pesantren serta masyarakat umum di Kota Serang, Banten.

Dalam sambutannya, Ghufron mengatakan, nilai yang diambil untuk tema kampanye dan sosialisasi pendidikan antikorupsi di Banten adalah Disiplin.

Menurut Ghufron, disiplin memiliki banyak tafsir berdasarkan kajian yang telah dilakukan beberapa pihak yang bekerjasama dengan KPK.

"Kedisiplinan merupakan sikap membentuk diri kita untuk tidak mengikuti keinginan hati yang mengarah pada perendahan nilai diri atau perusakan diri, tetapi untuk mengejar apa-apa yang baik bagi diri kita dan u Selain itu kata Ghufron, disiplin juga berarti membentuk diri untuk tidak mudah puas terhadap apa yang diraih, dengan cara mengembangkan kemampuan bekerja dengan manajemen waktu yang bertujuan dan menghasilkan sesuatu yang berarti bagi kehidupan.

"Kami gembira sekali melihat antusiasme bapak ibu serta masyarakat yang ikut serta dalam rangkaian kegiatan Roadshow Bus KPK Jelajah Negeri Bangun Antikorupsi. Antusiasme tersebut memunculkan optimisme, bahwa masih ada harapan akan Indonesia yang bersih dari korupsi, masih banyak yang peduli akan masa depan Indonesia yang lebih baik," kata Ghufron.

Ghufron kembali mengingatkan, korupsi adalah perbuatan yang batil dan tidak mungkin diberantas sendiri. Ibarat jabatan adalah sebuah ibadah yang harus ditunaikan secara benar di hamparan sajadah muka bumi ini. Sehingga, perbuatan korupsi harus dijauhkan agar dalam bekerja kita mendapat pahala layaknya ibadah.

Sementara itu, Gubernur Provinsi Banten, Al Muktabar menyambut baik kehadiran bus KPK di daerahnya. Muktabar berharap, dengan kedatangan KPK untuk memberikan sosialisasi kepada warganya dapat menjadikan wilayah Banten menjadi lebih berintegritas. Dia pun juga berkomitmen untuk membantu KPK bersatu padu melawan korupsi.

"Mari kita membangun komitmen, satu padu melaksanakan tujuan bersama untuk sedapat mungkin mencegah apa yang disebut dengan korupsi itu sendiri. Ini adalah langkah preventif KPK dan kami jajaran Pemerintah Provinsi Banten lengkap segenap bupati walikota, masyarakat, kita akan bahu membahu untuk tujuan bersama ini," katanya. ntuk mengejar keinginan yang baik atau positif dalam kadar sesuai," ujar Ghufron.

(Dikutip dari Sumber : Republik Merdeka online Jumat, 30 September 2022)