SEGINI JUMLAH TERJAMIN JAMKRIDA BANTEN SEKARANG

Penjaminan Kredit Daerah Banten (Jamkrida Banten) terus mencatatkan pertumbuhan jumlah Terjaminnya dalam lima tahun terakhir.

Berdasarkan laporan bulanan perusahaan, jumlah Terjamin Jamkrida Banten hanya sebanyak 102.206 orang pada Tahun 2018. Jumlahnya meningkat pada September 2022 mencapai 216.132 orang. Terdapat kenaikan Terjamin sebanyak 113.926 Orang atau sebesar 111% dalam kurun waktu lima tahun terakhir.

Adapun Jumlah Penjaminan yang ditanggung sendiri pada Tahun 2018 adalah sebesar Rp 932 Milyar. Jumlahnya meningkat hampir dua kali lipat pada September 2022 mencapai Rp 1,6 Trilyun  lebih. Terdapat kenaikan nilai penjaminan yang ditanggung sendiri sebesar Rp 761 Milyar atau sebesar 81% dalam kurun waktu yang sama.

Sebagai informasi, Pengurus Jamkrida Banten saat ini sedang mengajukan penambahan modal kepada Pemerintah Provinsi Banten untuk mengimbangi meningkatnya nilai penjaminan, karena hal tersebut akan berpengaruh terhadap gearing rasio perusahaan.

Menurut Direktur Utama Jamkrida Banten Hendra Indra Rachman, bahwa modal yang dimiliki saat ini masih cukup untuk memenuhi gearing ratio Perusahaan, namun pada tahun 2023 mendatang diproyeksikan nilai penjaminan akan terus tumbuh untuk itu Jamkrida Banten perlu untuk ditambah modalnya demi memenuhi gearing ratio sebagaimana yang diatur oleh regulator.